02 Agustus 2009

Program Unggulan






Kerjasama dengan LKP2AI


Menyadari bahwa mengembangkan Madrasah menuju lembaga pendidikan yang dicita-citakan, (yakni mengembangkan jalinan dari tiga model pendidikan, dalam hal ini lembaga pendidikan pesantren, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Kejuruan, agar mampu mencetak sumber daya insani yang berkwalitas integral ,yakni memiliki pemahaman dan wawasan keilmuan yang luas , kecakapan teknologi tinggi serta dengan dasar keimanan dan ketaqwaan yang dalam), tidak bisa dilakukan sendirian, maka dipandang perlu menggandeng lembaga yang mempunyai otoritas, untuk membantu berfikir dan menentukan arah pengembangan ke depan. baik dibidang perumusan Garis Besar Perjuangan maupun pada aspek peningkatan sumber daya manusia.
Dengan terlebih dahulu didasari pemikiran itulah maka pada bulan Nopember 2008 telah ditandatangani Nota Kerjasama antara MAN Lamongan dengan LKP2AI yang berkedudukan di Malang, sebuah lembaga yang bergerak di bidang Konsultasi dan Pengembangan Pendidikan Agama Islam yang dikomandani oleh Profesor Doktor H. Muhaimin, M.A.

Kerjasama dengan Ebiz Education Enterprise

Memasuki semester genap 08/09, MAN Lamongan menjalin kerjasama dengan Ebiz Education Enterprise –salah satu lembaga mitra kerja Microsoft di Indonesia- dalam penyelenggaraan DAT Program (Desktop Aplication Training Program).

Perjanjian Kerjasama itu sendiri, telah ditandatangi oleh Kepala Madrasah pada hari Rabu tanggal 21 Januari 2009.
Penyelenggaraan DAT Program sebagaimana isi perjanjian kerjasana dimaksud, diperuntukkan bagi seluruh siswa kelas XI, dimana isi kurikulum, bahan ajar, materi ujian serta sertifikat dari Microsoft Learning Solution menjadi tanggungjawab pihak Ebiz, sementara proses pembelajaran serta uji kompetensinya menjadi tanggungjawab MAN Lamongan setelah para Gurtu/Tutornya mengikuti TOT yang diselenggarakan pihak Ebiz dan dinyatakan kompeten.

Dengan mengikuti DAT Program, para siswa akan mendapatkan REAL SKILL dalam mengoperasionalkan serta mengoptimalisasikan computer (dalam hal ini Microsoft Word, Microsoft Exel dan Microsoft Power Point), lebih dari itu mereka akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara nasional maupun internasional, sehingga diharapkan mereka mempunyai kesiapan ketika menghadapi persaingan dalam memasuki dunia kerja.

Kerjasama dengan FKKsdi-ITS

Pada hari Senin tanggal Sebelas bulan Mei tahun Duaribu Sembilan telah ditandatangani Nota Kesepahaman kerjasama antara Madrasah Aliyah Negeri Lamongan dengan Forum Komunikasi dan Konsultasi Sumber Daya Insani Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (FKKsdi-ITS) di bidang penyelenggaraan Program Setara Diploma I Teknik Komputer.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani didasari atas pertimbangan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia lulusan MAN Lamonan agar kelak memiliki daya saing di pentas persaingan dunia global. Program Setara D I Teknik Komputer ini akan ditempuh selama 5 semester atau 2,5 tahun dan akan dimulai pada permulaan tahun pelajaran 2009/2010.


Program Keterampilan

Kalau slogan “SMK Bisa” itu sudah biasa, dan memang sudah sepatutnya. Tetapi kalau “Madrasah Aliyah bisa” itu baru luar biasa, dan itulah yang terjadi di MAN Lamongan. Madrasah Aliyah, menurut UU Sisdiknas, merupakan Sekolah Menengah Umum, yang berada di bawah naungan Departemen Agama sama seperti SMA-SMA yang lain yang berada di bawah naungan Depdiknas. Sebagai Sekolah Menengah Umum, maka lulusan-lulusannya dipersiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, dan tidak dipersiapkan memasuki dunia kerja. Justru berangkat dari spisifikasi Sekolah Menengah Umum itulah maka MAN Lamongan memandang perlu untuk membekali peserta didiknya disamping untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, juga keterampilan yang dibutuhkan, apalagi kenyataan menunjukkan lulusan MAN Lamongan karena alasan ekonomi, sebagian masih belum bisa melanjutkan studinya.
Adapun keterampilan yang dikembangkan di Madrasah ini adalah Tailoring (sertifikasinya kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Propinsi Jatim) dan Teknik Komputer (setifikasinya kerjasama dengan FKKSDI-ITS Surabaya serta Ebis Education Interprise).

Comments :

0 komentar to “Program Unggulan”


Posting Komentar




 
Friends Link
Chat

Most Popular Article

Friends Link
Chat Klik Disini
Artikel Terbaru